11 Manfaat Kopi Arabika Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Tahu

j

by admin

}

06.19.2021

Manfaat Kopi Arabika untuk Vitalitas, Mau Obat Kuat Aman? Hubungi WA Kami!

Manfaat Kopi Arabika

source: https://www.istockphoto.com

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya bagi orang tua saja, saat ini kopi juga menjadi minuman yang digandrungi oleh semua kalangan, termasuk kaum muda. Seiring berjalannya waktu, banyak coffee shop kekinian yang menawarkan aneka jenis kopi.

Bukan hanya nikmat, kopi juga mengandung segudang khasiat, jadi tak heran jika banyak orang harus minum kopi secara rutin. Tapi jangan asal ngopi, harus tahu juga jenis dan karakter kopi yang sahabat konsumsi. Minimal tahulah jenis dan manfaatnya.

Salah satu jenis kopi yang terkenal yaitu kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu dari beragam jenis kopi yang dibudidayakan secara global. Pada mulanya, kopi arabika berasal dari wilayah Ethiopia dan dibawa oleh pedagang Arab ke Yaman. 

Kala itu, orang-orang Arab mempopulerkan penyeduhan ekstrak biji kopi arabika dengan air panas  yang bertujuan untuk menghasilkan minuman menyegarkan. Kemudian, setelah memasuki abad ke-15, barulah biji kopi arabika menyebar ke daratan Eropa dan menjadi populer hingga saat ini.

Kopi jenis arabika ini lebih banyak disukai daripada jenis kopi yang lainnya. Hal ini dikarenakan kualitasnya yang baik dan juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Apa saja ya sahabat manfaat kopi arabika untuk kesehatan?

Yuk simak artikel 11 manfaat kopi arabika berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Inilah 11 Manfaat Kopi Arabika untuk Kesehatan

1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

manfaat kopi arabika

source: https://www.istockphoto.com/

Kanker adalah penyakit yang kompleks dan tidak selalu mudah untuk menentukan penyebabnya. Para peneliti telah menyelidiki banyak zat berbeda untuk mengetahui apakah kandungannya meningkatkan risiko kanker. Zat yang bisa menyebabkan kanker juga dikenal sebagai karsinogen.

Kopi diseduh dari biji kopi banyak mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan yang melimpah tersebut diduga mampu melindungi tubuh peminum kopi arabika dari kanker.  Banyak penelitian terbaru  yang melaporkan kemampuan kopi menurunkan resiko serangan  kanker, termasuk kanker prostat, kanker hati, kanker endometrium, dan beberapa jenis kanker mulut dan tenggorokan.

Selain itu sebuah penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa minum kopi dalam takaran wajar umumnya aman. Secangkir kopi dalam sehari dikaitkan dengan sedikit pengurangan risiko kanker hati dan kanker endometrium.

“Manfaat lain dari minum kopi termasuk risiko kematian rendah bagi pengidap penyakit jantung. Serta menurunkan risiko penyakit hati dan parkinson,” demikian dikutip dari Medical News Today.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat kopi arabika untuk jantung

source: https://www.istockphoto.com/

Kebiasaan minum kopi ternyata dapat menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyakit jantung koroner masing-masing 8%, 7% dan 5% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum kopi. Kafein dalam dosis yang tinggi akan meningkatkan sekresi hormon epinefrin yang meningkatkan tekanan darah dan aktivitas jantung.

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah yang rendah akan berfungsi sebagai pelatih aerobik internal dalam tubuh. Kafein dalam kopi arabika lebih rendah dari jenis robusta. Hingga lebih aman dikonsumsi tanpa perlu khawatir tekanan darah naik terlalu tinggi. 

Selain itu menurut penelitian yang dilakukan John Hopkins University menjelaskan bahwa mengkonsumsi kopi ternyata dapat menurunkan risiko penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung. Hal tersebut disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi bermanfaat untuk menurunkan pengendapan kalsium di arteri koroner jantung.

3. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

manfaat kopi arabika untuk diabetes

source: https://www.istockphoto.com

Penyakit diabetes tipe 2 ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah karena berkurangnya kemampuan tubuh mengeluarkan insulin.

Diabetes tipe 2 ini sahabat dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Cukup menakutkan ya sahabat.

Meminum 3 hingga 5 cangkir kopi arabika dilaporkan mampu mengurangi resiko terserang diabetes tipe 2. Meski demikian, seorang penderita diabetes disarankan tidak mengkonsumsi kopi dengan kafein karena kafein dalam kopi cenderung meningkatkan kadar gula darah. 

Dengan demikian, meminum kopi arabika dianggap lebih aman karena kandungan kafeinnya lebih rendah.

4. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Parkinson

manfaat kopi arabika untuk parkinson

source: https://www.istockphoto.com/

Parkinson merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf otak pusat yang ditandai dengan adanya tremor. Para ilmuwan masih mencari tahu apa penyebab pasti penyakit yang satu ini. Namun beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kafein memiliki manfaat perlindungan terhadap penyakit ini.

Dilansir dari klikdokter menjelaskan bahwa sebuah penelitian di Hawai, Amerika Serikat, meneliti manfaat kafein dalam pencegahan penyakit ini. 

Penelitian tersebut dilakukan pada 8.004 partisipan yang dipantau selama 30 tahun. Hasilnya, ditemukan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson 20 tahun kemudian. 

Ditemukan juga bahwa orang-orang yang tidak mengonsumsi kopi memiliki risiko lima kali lebih besar mengalami Parkinson dibandingkan dengan orang-orang yang gemar ngopi secara rutin setiap hari.

Nah jadi kopi arabika ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh supaya bisa melawan dan mencegah resiko parkinson. Dianjurkan untuk minum kopi ini dua cangkir sehari tanpa menggunakan gula.

5. Meningkatkan Performa Kerja

manfaat kopi arabika untuk stamina

source: https://www.istockphoto.com/

Kafein dalam kopi arabika berperan sebagai stimulan ringan pada sistem saraf pusat. Sebuah penelitian melaporkan bahwa dalam dosis tertentu kafein dapat membantu memperbaiki kinerja otak, terutama pada kewaspadaan, perhatian dan konsentrasi.

Konsumsi kopi yang cukup akan meningkatkan kewaspadaan dan performa kerja sopir yang mengemudi semalaman. Selain itu minum kopi hangat pada pagi hari juga dapat membantu bagi sahabat yang sedang begadang tetap produktif dan riang. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja memori, terutama saat tugas yang membosankan. Namun, asupan yang lebih tinggi dapat menurunkan kinerja, kemungkinan karena stimulasi berlebihan.

6. Menjaga Stamina Tubuh dan Meningkatkan Fokus

source: https://www.istockphoto.com/

Manfaat kopi arabika bagi kesehatan yaitu ampuh untuk menjaga stamina tubuh, karena kopi ini mengandung kafein tinggi. Kandungan kafein bermanfaat sebagai sumber energi untuk otak sehingga bisa memerintahkan seluruh tubuh untuk tetap bekerja dengan baik seperti seharusnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr.  Carrie H. S. Ruxton dan dipublikasikan di Nutrition Bulletin, kandungan kafein dalam kopi dapat mempengaruhi fungsi otak. Ketika mengonsumsi kopi, kandungan kafein mampu ‘menipu’ otak dengan memblokir reseptor adenosin. 

Ketika hal tersebut terjadi, maka otak sahabat akan terangsang untuk memproduksi senyawa serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang membuatmu lebih fokus. Tak hanya membuat fokus, ketiga zat ini juga membuat mood sahabat menjadi lebih baik.

Ketika sahabat mudah untuk fokus dan mood dalam kondisi baik, maka akan lebih mudah juga bagimu untuk menyelesaikan pekerjaan.

7. Mencegah Kerusakan Gigi

source: https://www.istockphoto.com

Ternyata minum kopi arabika sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut. Minum kopi arabika secara teratur akan menurunkan resiko mengalami masalah pada mulut seperti, radang gusi, plak, masalah gigi, bahkan kanker mulut. Namun, supaya manfaatnya terasa pastikan minum kopi ini tanpa gula.

Kombinasi kandungan kafein dan fenol pada arabika terbukti dapat menghambat perkembangbiakan bakteri Lactobacillus acidophilus yang berperan dalam kerusakan gigi.

Ilmuwan Brazil menemukan kaitan menarik antara kopi dan kesehatan gigi. Jika selama ini kopi dianggap jadi penyebab gigi kusam, riset justru menunjukkan bahwa kopi juga bisa mencegah plak pada gigi.

Penelitian dari Federal University of Rio de Janeiro Brazil mengambil biofilm dari pecahan gigi susu menggunakan bakteri dari sampel air liur. Bakteri ini menimbulkan plak, penyebab utama kerusakan gigi dan penyakit gusi. Ketika pecahan gigi dikenai larutan ekstrak biji kopi, bakterinya rusak.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat kopi arabika untuk kulit

source:https://www.istockphoto.com/

Kopi arabika juga mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Kopi ini bisa digunakan sebagai masker dan juga sebagai bahan spa. Hasil dari menggunakan kopi arabika sebagai bahan perawatan kulit akan menampilkan kulit lebih kencang, meregenerasi kulit serta memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mencegah radang penyebab jerawat.

Minyak, kotoran, atau sel kulit mati yang mengendap di dalam pori-pori bisa membuat wajah memiliki resiko berjerawat. Untuk mengatasinya, sahabat bisa melakukan exfoliating menggunakan masker berbahan dasar kopi.

Masker tersebut dapat mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori tersebut sehingga membuat wajah sahabat lebih bersih. Selain itu, kopi juga terdapat kandungan caffeic acid yang berperan sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari berbagai kotoran dan bakteri yang berpotensi merusak kulit.

9. Menjaga Kesehatan Hati

source: https://www.istockphoto.com/

Menurut sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Hepatology, kopi ternyata bisa mencegah terjadinya fibrosis hati. Fibrosis hati adalah tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi diyakini oleh para ahli dalam penelitian ini mampu melindungi organ hati dari kerusakan. Penelitian yang dilakukan di Rotterdam, Belanda ini melibatkan 2.424 peserta penelitian. Rata-rata umur peserta penelitian adalah 45 tahun keatas.

Penelitian ini menemukan bahwa peserta penelitian yang masuk ke dalam kategori konsumsi kopi sering menurunkan risiko mereka untuk terkena fibrosis hati dan sirosis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan minum kopi memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah jaringan parut hati atau sirosis bahkan sebelum penyakit ini berkembang. 

Jadi manfaat kopi tanpa gula untuk hati adalah mampu melindungi organ hati dari kerusakan. Namun sahabat harus tetap memperhatikan takarannya.

10. Menguatkan Antioksidan Dalam Tubuh

source: https://www.istockphoto.com/

Biji kopi sebenarnya adalah biji di dalam buah kecil berwarna merah atau kuning cerah. Baik biji maupun buahnya kaya akan antioksidan. Faktanya, satu penelitian menemukan kopi menjadi kontributor tunggal terbesar untuk asupan antioksidan total. 

Hal ini mungkin terjadi karena 65% orang dewasa Amerika mengatakan, bahwa mereka minum kopi, sementara hanya satu dari 10 orang yang mengonsumsi minimal lima porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari. 

Dengan kata lain, kopi menjadi sumber antioksidan utama. Antioksidan dalam kopi juga telah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan. Asam klorogenat, polifenol yang melimpah dalam kopi, telah terbukti mampu mengurangi peradangan, dan mungkin memainkan peran kunci dalam perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

Antioksidan dalam kopi telah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan. Asam klorogenat, polifenol yang melimpah dalam kopi telah terbukti mengurangi peradangan dan memainkan peran dalam perlindungan terhadap penyakit kronis termasuk obesitas.

11. Mencegah Alzheimer

manfaat kopi arabika untuk alzheimer

source: https://www.istockphoto.com/

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan merupakan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Terutama mempengaruhi orang di atas 65 tahun yang lalu, penyakit Alzheimer tidak ada obatnya. 

Namun, ada beberapa hal yang bisa sahabat lakukan untuk mencegah Alzheimer, salah satunya adalah minum kopi jenis arabika ini. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki kemungkinan 65 persen lebih kecil terkena Alzheimer.

Kopi arabika juga bermanfaat untuk mencegah penyakit alzheimer yang disebabkan karena menurunnya saraf yang mengganggu sistem otak. Penyakit ini juga bisa terjadi karena genetik, gaya hidup tidak sehat, sering mengkonsumsi makanan mengandung pengawet, stroke, dan lain sebagainya.

Kandungan kafein dalam kopi ini juga disebut bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. Maka dari itu, rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.

Namun sahabat, dibalik semua manfaat tersebut pasti para pria dewasa bertanya-tanya apakah kopi arabika ini mampu meningkatkan stamina pria dewasa saat di ranjang?

Jawabannya belum bisa sahabat, belum ada penelitian yang meneliti hal tersebut. Eits tapi sahabat tidak perlu khawatir, admin punya rekomendasi kopi terbaik nih untuk mengatasi berbagai masalah seksualitas pria dewasa.

Kopi Stamina Pria Terbaik

Nah untuk sahabat yang memiliki masalah tentang keluhan seksualitas, sahabat dapat mencoba nih minum kopi. Namun tetap sahabat harus memilih kopi yang tepat agar mampu mengatasi keluhan-keluhan sahabat dan tidak boleh sembarangan memilih kopi stamina.

Mengatasi masalah tersebut admin punya solusi nih. Sahabat yang ingin menikmati kopi sekaligus mampu membangkitkan gairah seksualitas, sahabat dapat mencoba yang namanya Kopi Mangrove Segara

Kopi mangrove segara adalah kopi yang terbuat dari bahan herbal alami dicampur dengan rempah-rempah berupa jahe dan cabe jawa yang mampu menambah daya gedor di ranjang. Konsumsi rutin kopi mangrove tidak hanya menambah stamina, tetapi menyembuhkan keluhan seksual sahabat.

Kopi mangrove segara dapat meningkatkan libido seks pria, menambah durasi bercinta di ranjang, menyembuhkan ejakulasi dini & disfungsi ereksi, serta mengatasi impotensi. Kopi mangrove segara ini juga dapat dijadikan solusi untuk para pria dewasa yang ingin menambah stamina saat bersama pasangan. 

Tidak hanya itu sahabat, Kopi Mangrove Segara ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, diantaranya mampu mengobati diare, menjaga daya tahan tubuh, menyeimbangkan hormon dalam tubuh, dan menjaga kesuburan. Paket lengkap kan sahabat.

Kesimpulan

Nah itulah tadi penjelasan mengenai manfaat kopi arabika yang wajib sahabat ketahui sebelum mengkonsumsinya. Minum kopi mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Namun mereka hanya sekedar minum kopi untuk menghilangkan stres tanpa mengetahui manfaat lainnya.

Bahkan tidak jarang orang yang justru menghindari kopi karena takut akan efek sampingnya. Padahal sahabat, jika kita mengkonsumsi kopi yang tepat maka tidak akan menimbulkan efek samping loh, seperti halnya mengkonsumsi Kopi Mangrove Segara. Kopi yang memiliki cita rasa yang khas dan tentu saja tidak memiliki efek samping.

Untuk para pria dewasa yang ingin memuaskan pasangannya, wajib banget nih coba kopi yang satu ini. Karena kopi mangrove segara ini dapat membantu sahabat meningkatkan stamina saat berada diranjang dan tentunya juga dapat mengatasi masalah seksualitas para pria dewasa. Mantap sekali kan sahabat, tapi sahabat tidak akan tahu khasiatnya kalau belum mencoba sendiri. Jadi daripada penasaran yuk buruan order dan buktikan sendiri khasiatnya.

Untuk pemesanan Kopi Mangrove Segara ini dapat dilakukan melalui :

Featured

Related Posts

Butuh Bantuan?

Kontak Kami

Ikuti Sosial Media

Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Wajib Tahu! Kira-Kira Berapa Lama Reaksi Neo Hormoviton Pasak Bumi

Wajib Tahu! Kira-Kira Berapa Lama Reaksi Neo Hormoviton Pasak Bumi

Berapa Lama Reaksi Neo Hormoviton Pasak Bumi, Mau Obat Kuat Aman? Hubungi WA Kami! Pada umumnya setiap pasangan pasti menginginkan kehidupan yang harmonis dengan pasangannya. Namun, ada kalanya keinginan itu tidak bisa terwujud dikarenakan berbagai sebab. Salah...

Get In Touch

Get In Touch